PENGENALAAN MICROSOFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU Ms WORD 2010
Microsoft Word 2010 adalah aplikasi pengolah kata yang merupakan
kelanjutan dari lanjutan dari versi sebelumnya. Aplikasi pengolah kata
produk Microsoft ini dirancang untuk membantu Anda
membuat dokumen profesional berkualitas seperti laporan, dokumen
berbentuk surat, brosur, tabel dan masih banyak lagi dokumen-dokumen
yang dapat dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Word terutama
Microsoft Word 2010.
Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Menu Word
2010
A. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010
Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada
microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses
cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika
kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian
ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010
adalah sebagai berikut :
1. Tab File
2. Tab Home
3. Tab Insert
4. Tab Page Layout
5. Tab References
6. Tab Maillings
7. Tab Review
8. Tab View
B. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010
Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu
office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti
Tabs menu, Groups Menu dan Command.
Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan
tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-
kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut
dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut
mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan
dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam
kategori ribbon adalah sebagai berikut
1. Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan
berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan
berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout
adalah contoh tab ribbon.
2. Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur
perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu
pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group
paragraph.
3. Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul
dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas
C. Pengertian Title Bar Office Word 2010
Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang
sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan
keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah
menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama
tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft
Word .
D. Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010
Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian gunakan untuk
mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa
harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi
dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
1. Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering
digunakan untuk mengatur margin dan tab stop.
2. Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering
digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.
E. Pengertian Status Bar Di Office Word 2010
Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan
informasi banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen,
meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam
satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian
gunakan.
F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File
1. Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
2. Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format
lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
3. Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office
word 2010
4. Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
5. Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan
memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang
kalian buat
6. Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian
kerjakan sebelumnya
7. New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office
word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design
template dll.
8. Print - Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta
kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
9. Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung
dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung
mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
10. Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di
office word 2010
11. Options - Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office
word 2010, seperti display, theme, font default dll.
12. Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010
G. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab Home
1. Paste - Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian
salin di sumber lain
2. Cut - Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di
dalam dokumen
3. Copy - Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen
word
4. Font Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian
inginkan
5. Bold (B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal
6. Italic (I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring
7. Underline (U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah
8. abc - Untuk membuat tulisan coret
9. Superscript dan Subscripot X2 - Untuk membuat pangkat pada
tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll.
10. Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan
11. A Style - Untuk membuat style atau gaya pada tulisan
12. Highlight Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau
kalimat didalam dokumen
13. Font Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di
dalam dokumen
14. Align Lef t- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata
kiri
15. Align Center - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata
tengah
16. Align Right - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata
kanan
17. Align Justify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi
seimbang kanan dan kiri
18. Shading Color - Untuk merubah warna blok pada tulisan
dokumen (background color).
19. Icon Tabel - Untuk membuat tabel secara manual
20. Bullets - Untuk membuat icon kecil disamping tulisan
21. Numbering - Untuk membuat nomor disamping tulisan
22. Multilevel List - Untuk membuat kombinasi list antara
bullets dan numbering
23. Increase dan Decrease - Untuk menambahkan dan
mengurangi lebar paragraf
24. Sort - Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad
atau juga berdasarkan angka
H. Pembagian dan Fungsi Menu Pada Tab Insert
1. Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen
2. Blank Page - Untuk menambah halaman baru pada dokumen
yang sedang dikerjakan
3. Page Break - Untuk memisahkan halaman sebelum dan
sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas
yang berbeda didalam satu dokumen.
4. Table - Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
5. Picture - Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
6. Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan
dari word 2010
7. Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung,
segitiga, kubus dll.
8. SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle
proses dll.
9. Chart - Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur
lalu lintas
10. Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau
tangkapan layar di komputer secara cepat
11. Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam
teks
12. Bookmark - Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang
kalian anggap penting
13. Header - Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas
dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta
kalian
14. Footer - Sama seperti header, namun letaknya berada
dibawah dokumen
15. Page Number - Untuk membuat nomor halaman pada
dokumen
16. Text Box - Untuk membuat tek didalam kotak
17. Wordart - Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang
unik
18. Drop Cap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran,
dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi
besar
19. Equation - Untuk menambahkan simbol matematika
didalam dokumen
20. Symbol - Sama dengan fungsi Equation
I. Pembagian dan Fungsi Menu Pada tab Page Layout
1. Themes - Untuk membuat theme atau tema yang akan kalian
gunakan
2. Margins - Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian
gunakan
3. Orientation - Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau
landscape
4. Size - Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian
gunakan
5. Column - Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap
halaman dokumen
6. Watermark - Untuk membuat gambar transparan pada halaman
dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari
dokumen yang kalian buat
7. Page Color - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan
kalian jadikan background
8. Page border - Untuk membuat bingkai halamanKeuntungan Menggunakan Jaringan WAN (Wide Area Network)
kelanjutan dari lanjutan dari versi sebelumnya. Aplikasi pengolah kata
produk Microsoft ini dirancang untuk membantu Anda
membuat dokumen profesional berkualitas seperti laporan, dokumen
berbentuk surat, brosur, tabel dan masih banyak lagi dokumen-dokumen
yang dapat dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Word terutama
Microsoft Word 2010.
Mengenal Fungsi Menu Bar dan Fungsi Menu Word
2010
A. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010
Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada
microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses
cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika
kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian
ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010
adalah sebagai berikut :
1. Tab File
2. Tab Home
3. Tab Insert
4. Tab Page Layout
5. Tab References
6. Tab Maillings
7. Tab Review
8. Tab View
B. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010
Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu
office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti
Tabs menu, Groups Menu dan Command.
Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan
tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-
kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut
dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut
mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan
dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam
kategori ribbon adalah sebagai berikut
1. Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan
berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan
berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout
adalah contoh tab ribbon.
2. Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur
perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu
pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group
paragraph.
3. Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul
dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas
C. Pengertian Title Bar Office Word 2010
Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang
sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan
keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah
menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama
tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft
Word .
D. Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010
Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian gunakan untuk
mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa
harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi
dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
1. Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering
digunakan untuk mengatur margin dan tab stop.
2. Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering
digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.
E. Pengertian Status Bar Di Office Word 2010
Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan
informasi banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen,
meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam
satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian
gunakan.
F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File
1. Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
2. Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format
lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
3. Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office
word 2010
4. Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
5. Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan
memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang
kalian buat
6. Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian
kerjakan sebelumnya
7. New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office
word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design
template dll.
8. Print - Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta
kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
9. Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung
dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung
mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
10. Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di
office word 2010
11. Options - Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office
word 2010, seperti display, theme, font default dll.
12. Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010
G. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab Home
1. Paste - Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian
salin di sumber lain
2. Cut - Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di
dalam dokumen
3. Copy - Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen
word
4. Font Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian
inginkan
5. Bold (B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal
6. Italic (I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring
7. Underline (U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah
8. abc - Untuk membuat tulisan coret
9. Superscript dan Subscripot X2 - Untuk membuat pangkat pada
tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll.
10. Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan
11. A Style - Untuk membuat style atau gaya pada tulisan
12. Highlight Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau
kalimat didalam dokumen
13. Font Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di
dalam dokumen
14. Align Lef t- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata
kiri
15. Align Center - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata
tengah
16. Align Right - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata
kanan
17. Align Justify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi
seimbang kanan dan kiri
18. Shading Color - Untuk merubah warna blok pada tulisan
dokumen (background color).
19. Icon Tabel - Untuk membuat tabel secara manual
20. Bullets - Untuk membuat icon kecil disamping tulisan
21. Numbering - Untuk membuat nomor disamping tulisan
22. Multilevel List - Untuk membuat kombinasi list antara
bullets dan numbering
23. Increase dan Decrease - Untuk menambahkan dan
mengurangi lebar paragraf
24. Sort - Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad
atau juga berdasarkan angka
H. Pembagian dan Fungsi Menu Pada Tab Insert
1. Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen
2. Blank Page - Untuk menambah halaman baru pada dokumen
yang sedang dikerjakan
3. Page Break - Untuk memisahkan halaman sebelum dan
sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas
yang berbeda didalam satu dokumen.
4. Table - Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
5. Picture - Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
6. Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan
dari word 2010
7. Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung,
segitiga, kubus dll.
8. SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle
proses dll.
9. Chart - Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur
lalu lintas
10. Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau
tangkapan layar di komputer secara cepat
11. Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam
teks
12. Bookmark - Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang
kalian anggap penting
13. Header - Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas
dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta
kalian
14. Footer - Sama seperti header, namun letaknya berada
dibawah dokumen
15. Page Number - Untuk membuat nomor halaman pada
dokumen
16. Text Box - Untuk membuat tek didalam kotak
17. Wordart - Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang
unik
18. Drop Cap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran,
dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi
besar
19. Equation - Untuk menambahkan simbol matematika
didalam dokumen
20. Symbol - Sama dengan fungsi Equation
I. Pembagian dan Fungsi Menu Pada tab Page Layout
1. Themes - Untuk membuat theme atau tema yang akan kalian
gunakan
2. Margins - Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian
gunakan
3. Orientation - Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau
landscape
4. Size - Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian
gunakan
5. Column - Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap
halaman dokumen
6. Watermark - Untuk membuat gambar transparan pada halaman
dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari
dokumen yang kalian buat
7. Page Color - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan
kalian jadikan background
8. Page border - Untuk membuat bingkai halamanKeuntungan Menggunakan Jaringan WAN (Wide Area Network)
Komentar
Posting Komentar