PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010, MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MS EXCEL
Microsoft Excel atau sering disebut dengan Excel merupakan program
untuk mengolah angka/data secara otomatis, yang meliputi perhitungan
dasar matematika, penggunaan fingsi-fungsi tertentu, pengolahan data,
pembuatan grafik dan manajemen data. Selain itu Microsoft Excel juga
dapat digunakan untuk berbagai urusan, dimulai dari yang sederhana,
hingga urusan yang kompleks.
MENU DAN FUNGSI MENU PADA MICROSOFT EXCEL 2010
HOME
Home merupakan menu standar. Didalammya terdapat sub menu group
yang, letaknya berada di deretan menu. Yang terdiri dari :
a. Group Clipboard
1. Paste : merupakan menu icon yang digunakan untuk
menempelkan objek atau teks yang telah di-cut atau di-copy.
2. Cut : digunakan untuk memindahkan data atau objek terpilih ke
daerah lain dengan bantuan perintah Paste.
3. Copy : digunakan untuk menyalin data tertentu yang diakhiri
dengan perintah Paste.
4. Format Painter : Perintah berkarakter “kuas cat” ini digunakan
untuk meniru suatu pemformatan kemudian menerapkannya ke
dalam data terpilih lain.
b. Group Font
1. Font : digunakan untuk mengubah jenis huruf dari data yang
terseleksi.
2. Font Font Size : Icon perintah ini digunakan untuk mengatur
ukuran huruf atau karakter dari data terpilih.
3. Increase Font : Perintah ini digunakan untuk memperbesar ukuran
huruf secara bertahap.
4. Decrease Font : digunakan untuk memperkecil ukuran huruf
secara bertahap.
5. Bold : untuk menebalkan huruf atau karakter.
6. Italic : Digunakan untuk memiringkan data terpilih.
7. Underline : untuk memberi tanda garis bawah pada setiap data
terpilih`
8. Border : untuk mengatur garis tepi dari sel terpilih.
9. Fill Color : mengatur warna shading data dalam sel terpilih.
10. Font Color : Digunakan untuk mengatur warna huruf.
c. Group Alignment
1. Top Align : Digunakan untuk menjadikan data sel menepi ke
bagian atas sel.
2. Middle Align : menjadikan teks berada di tengah-atas sel.
3. Bottom Align :menjadikan teks menepi ke bagian bawah sel.
4. Orientations : mengatur arah dan posisi data dalam sel.
5. Align Text Left : menjadikan teks rata kiri.
6. Center : Digunakan untuk menjadikan teks rata tengah.
7. Align Text Right : menjadikan teks rata kanan.
8. Decrease Indent : menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.
9. Increase Indent : menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.
10. Wrap Text : untuk mengatur distribusi teks.
11. Merge & Center : menggabung beberapa sel terpilih dan
meletakkan teks di dalamnya di bagian tengah sel.
d. Group Number
1. Number Format : mengatur format tertentu pada data jenis
numerik yang terdapat dalam sel.
2. Accounting : mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi
mata uang.
3. Percent Style : memformat suatu data numerik dengan gaya
persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada
sel yang telah diformat.
4. Comma Style : menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
5. Increase Decimal : menambah jumlah digit setelah koma dalam
bilangan angka desimal.
6. Decrease Decimal : mengurangi jumlah digit setelah koma dalam
angka desimal.
e. Group Styles
1. Conditional Formatting : memformat sel sebagai diagram dari data
yang terdapa di dalam sel tersebut.
2. Format as Table : memformat sel sebagai tabel dengan segala
tema dan warna yang spektakuler.
3. Cell Styles : memformat suatu sel sesuai dengan kondisi dan
klasifikasinya.
f. Group Cells
1. Insert : menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel
yang sudah terisi data.
2. Detele : menghapus baris sel maupun kolom aktif..
3. Format : untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang
sedang terpilih.
g. Group Editing
1. AutoSum : untuk menjumlahkan data dalam satu range sel yang
telah di tentukan.
2. Fill : untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi
data suatu sel atau range.
3. Clear : untuk menghapus suatu data dalam sel atau range yang
dipilih, seperti isi,format, dan komentarsel.
4. Sort and Filter : Icon ini digunakan untuk mengurutkan data dari
yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.
5. Find and Select : untuk mencari dan mengganti data secara
otomatis.
INSERT
a. Group Tables
1. Table : untuk menyisipkan tabulasi dari data terpilih sehingga data
tersebut menjadi lebih mudah untuk di sortir atau di saring dengan
menggunakan kriteria tertentu.
2. Pivot table : Digunakan untuk menyisipkan lembar karja baru yang
berisi ringkasan dari kolom dan baris dari lembar kerja aktif.
b. Groups Illustrations
1. PICTURE : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar ke dalam
lembar kerja aktif.
2. CLIP ART: Digunakan untuk menyisipkan gambar sederhana yang
lebih mirip dengan gambar vektor yang digunakan sebagai ilustrasi
ke dalam suatu lembar kerja.
3. SHAPES : Menyisipkan objek geometris, seperti segi tiga, segi
empat, dan lain-lain, ke dalam lembar kerja yang sedang
diaktifkan.
4. SMART ART: Digunakan untuk menyisipkan objek dengan sistem
yang lebih mengarah pada sistem hierarkis, dimana bentuk yang
tersedia di menu ini kebanyakan sudah memiliki bentuk dan telah
memiliki bagian di bawahnya atau di sebelahnya.
5. SCREEN SHOT : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar
dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu di layar monitor.
c. Group Charts
1. COLOMN : Digunakan untuk memasukkan grafik kolom.
2. LINE : Digunakan untuk memasukkan grafik garis.
3. PIE : Digunakan untuk memasukkan grafik lingkaran.
4. BAR : Digunakan unruk memasukkan grafik batang
5. AREA : Digunakan untuk memasukkan grafik area.
6. SCATTER : Digunakan untuk memasukkan grafik distribusi
7. OTHER CHAT : untuk memasukkan grafik lainnya.
d. Group Sparklines
1. INSERT LINE SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan grafik
garis pada satu sel..
2. INSERT COLOMN SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan
kolom pada satu sel.
3. INSERT WIN/LOSS SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan
daftar kerugian/keuntungan pada satu sel.
e. Group Filter
1. SLICER : Digunakan untuk memudahkan dalam penyaringan data
dalam pivot table.
f. Group Links
1. HIPERLINK : untuk Mengarahkan ke alamat tujuan.
g. Group Text
1. TEXT BOX : untuk Memasukkan / menambahkan kotak teks.
2. HEADER & FOOTER : untuk Memasukkan / menambahkan
kepala halaman dan kaki halaman.
3. WORDART : untuk menambahkan / menyisipkan tulisan indah
pada dokumen.
4. SIGNATURE LINE : Digunakan untuk Memberi tanda tangan pada
dokumen.
5. OBJECT : untuk Memasukkan / manambahkan file lain.
h. Group Symbols
1. EQUATION : untuk Menyisipkan rumus matematika otomatis.
2. SYMBOL : Digunakan untuk Menyisipkan Simbol – simbol pada
dokumen seperti simbol Phi, Beta dsb.
PAGE LAYOUT
a. Group Themes
1. THEMES : Digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi
warna halaman berikut warna hurufnya.
Mengubah tampilan agar lebih terlihat bagus
2. COLORS : untuk mengatur warna tema halaman.
3. FONT : Digunakan untuk merubah font tampilan.
4. EFFECTS : Digunakan untuk merubah/memberi effects tampilan.
b. Group Page Setup
1. MARGINS : memberi lebar batas kertas.
Untuk dapat memberi atau mengubah lembar batas kertas,
2. ORIENTATION : berfungsi untuk mengubah posisi kertas, portrait
(berdiri) ataupun landscape(tidur).
3. SIZE : berfungsi untuk merubah ukuran kertas
4. PRINT AREA : berfungsi untuk menentukan luas area yang akan
diprint dalam satu halaman
5. BREAKS : berfungsi untuk memutuskan halaman/mengosongkan
halaman bawah, sehingga berada pada halaman berikutnya.
6. BACKGROUND : berfungsi untuk memberi background pada
lembar kerja juga dapat memberikan foto.
7. PRINT TITLES : berfungsi untuk menentukan baris yang diprint
berulang-ulang.
c. Group Scale To Fit
1. WIDTH : berfungsi untuk menentukan skala lembar kerja pada
hasil printout (berdasarkan lebarnya)
2. HEIGHT : berfungsi untuk menentukan skala lembar kerja pada
hasil printout (berdasarkan tingginya)
3. SCALE : berfungsi untuk menetukan skala lembar kerja pada hasil
printout.
d. Group Sheet Option
1. GRIDLINES : berfungsi untuk menentukan apakah garis pandu
pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.
2. HEADINGS : berfungsi untuk menentukan apakah kolom pada
lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.
e. Group Arrange
1. BRING FORWARD : berfungsi untuk meletakan obyek pada posisi
paling depan
2. SEND BACKWARD : berfungsi untuk meletakan obyek pada
posisi paling belakang
3. SELECTION PANE : berfungsi untuk menampilkan kotak dialog
selection pane.
4. ALIGN : berfungsi untuk menata align antar obyek
5. GROUP : berfungsi untuk menjadikan beberapa obyek menjadi
satu grou
6. ROTATE : berfungsi untuk memutar obyek.
FORMULAS
a. Group Function Library
1. INSERT FUNCTION : berfungsi untuk memasukkan formula
(rumus).
2. AUTO SUM : berfungsi untuk mengolah data yang berkaitan
dengan angka secara otomatis
3. RECENTLY USED : berfungsi untuk membuka kembali formula
yang baru digunakan.
4. FINANCIAL : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan
dengan keuangan.
5. LOGICAL : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan
dengan logika/analisa.
6. TEXT : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan
text.
7. DATE & TIME : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan
dengan tanggal dan waktu.
8. LOOKUP & REFERENCE : berisi kumpulan formula (rumus) yang
berkaitan dengan data dan referensi.
9. MATH & TRIG : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan
dengan ilmu pasti dan trigonometri.
10. MORE FUNCTION : berisi kumpulan formula (rumus) lainnya.
b. Group Defined Names
1. NAME MANAGER : berfungsi untuk
mengatur/merubah/memperbaiki sebuah range atau cell.
2. DEFINE NAME : berfungsi untuk memperbaiki/merubah nama
sebuah cell atau range.
3. USE IN FORMULA : berfunsi untuk mengetahui nama sebuah celll
atau range yang digunakan dalam formula.
4. CREATE FROM SELECTION : berfungsi untuk membuat nama
sebuah cell atau range yang dipilih.
c. Group Formula Auditing
1. TRACE PRECEDENCE : berfungsi untuk menampilkan yang
berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell
yang berisi formula.
2. TRACE DEPENDENTS : berfungsi untuk menampilkan anak
panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan
sebuah cell yang berisi.
3. REMOVE ARROWS : berfungsi untuk menghilangkan efek anak
panah dari trace precendents dan trace dependents
4. ERROR CHECKING : berfungsi untuk mengecek formula yang
error.
5. EVALUATE FORMULA : berfungsi untuk mengevaluasi formula.
6. WATCH WINDOW : berfungsi untuk menampilkan jendela watch
window, yang digunakan untuk memonitor beberapa sel sekaligus,
meskipun sedang bekerja pada lembar kerja yang berbeda.
d. Group Calculation
1. CALCULATION OPTIONS : berfungsi untuk memilih formula yang
akan dikalkulasi atau dihitung.
2. CALCULATE NOW : berfungsi untuk menghitung atau
mengkalkulasi data pada woorkbook yang sedang dikerjakan.
3. CALCULATE SHEET : berfungsi untuk menghitung serangkaian
data pada sheet yang sedang dikerjakan.
DATA
a. Group Get External Data
1. FROM ACCES : Mengimport data (database) dari microsoft acces.
2. FROM WEB : Mengimport data (database) dari website.
3. FROM TEXT : Mengimpor data dari data (database) file teks.
4. FROM OTHER SOURCES : Mengimpor data (database) dari
sumber lain.
5. EXISTING CONNECTIONS : Menyambungkan data dari luar
microsoft excel yang sedang kita gunakan.
b. Group Connections
1. REFRESH ALL : Menyegarkan data (update) yang terhubung
dengan lembar kerja (workbook).
2. CONNECTIONS : Menampilkan kotak dialog atau data yang
sedang terhubung dengan lembar kerja.
3. PROPERTIES : Mengatur jenis data yang sedang terhubung
dengan lembar kerja (workbook).
4. EDIT LINKS : Menampilkan semua data yang terhubung dengan
workbook serta melakukan editan terhadap data dari sumber
tersebut.
c. Group Sort & Filter
1. SORT : Menampilkan kotak dialog sort, untuk mengurutkan data
sesuai dengan keiinginan pengguna.
2. FILTER : Mengaktifkan filter data berdasarkan pengaturan yang
telah di buat pada menu SORT atau sesuai kriteria
3. CLEAR : Mengaktifkan / menonaktifkan filter dan sort pada data.
4. REAPPLY : Mengaplikasikan kembali filter atau sort pada kolom
cell atau range.
5. ADVANCED : Mengatur sort atau filter secara lebih detail.
d. Group Data Tools
1. TEXT TO COLUMNS : Mengubah teks menjadi per kolom.
2. REMOVE DUPLICATES : Menghapus data dalam baris yang
ganda.
3. DATA VALIDATION : Mencegah data yang tidak valid yang
dimasukkan dalam data cell.
4. CONSOLIDATE : Menggabungkan lebih dari 1 data kedalam 1
cell.
5. WHAT IF-ANALYSIS : Menganalisis atau mencoba
e. Group Outline
1. GROUP : Menggabungkan beberapa garis menjadi satu grup.
2. UNGROUP : Membatalkan beberapa garis yang tidak diinginkan
menjadi satu grup.
3. SUBTOTAL : Melakukan penghitungan terhadap kategori item
yang termasuk dalam group.
REVIEW
Review adalah salah satu penyedia informasi. Didalamnya terdapat sub
menu group, yang letaknya berada dibawah deretan menu. Di dalam
menu Review terdapat beberapa Group sebagai berikut :
a. Group Proofing
1. SPELLING & GRAMMAR : Digunakan untuk mengecek ketepapan
ejaan teks.
2. RESEARCH : Digunakan untuk menampilakn kotak dialog
kamus/reverensi.
3. THESAURUS : Digunakan untuk menampilkan pilihan teks pada
saat ada kata yang terpilih.
b. Group Languange
1. TRANSLATE : Berfungsi untuk menerjemahkan teks terpilih ke
dalam satu bahasa berbeda.
c. Group Comments
1. NEW COMMENT : digunakan untuk membuat dan mengolah
komentar.
2. DELETE adalah untuk Menghapus Komen.
3. PREVIOUS adalah untuk melihat koment sebelumnya.
4. NEXT adalah untuk melihat komen selanjutnya.
5. SHOW/HIDE COMMENT adalah tayangkan atau
menyembunyikan komentar.
6. SHOW ALL COMENT adalah menampilkan semua komentar.
7. SHOW INK : Digunakan untuk menampilkan keterangan tinta pada
lembar kerja.
d. Group Changes
1. PROTECT SHEET : Digunakan untuk mengunci sheet
2. PROTECT WORKBOOK : Digunakan untuk mengunci lembar
kerja
3. SHARE WORKBOOK : Digunakan untuk berbagi lembar kerja
4. PROTECT AND SHARE WORKBOOK : Digunakan untuk
mengunci dan berbagi lembar kerja.
5. ALLOW USERS TO EDIT RANGES : Digunakan untuk menyetujui
pengguna untuk mengedit ranges.
6. TRACK CHANGES : Digunakan untuk menelusuri perubahan yang
dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama.
VIEW
VIEW merupakan menu yang memiliki fungsi penataan tampilan pada
lembar kerja. Menu ini tidak berpengaruh pada data yang ada.
Didalamnya terdapat sub menu group, yang letaknya berada dibawah
deretan menu. Tab menu View terdiri dari :
a. Group Woorkbook Views
1. Normal : menampilkan lembar kerja dalam bentuk normal.
2. Page Layout:Berfungsi menampilkan lembar kerja dalam bentuk
lembaran kertas.
3. Page Break Preview: Berfungsi untuk menampilkan lembar kerja
yang hanya berisi data saja.
4. Custom Views :Berfungsi untuk menampilkan lembar kerja sesuai
keperluan kita.
b. Group Shows
1. Ruler: Berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan
penggaris.
2. Formula Bar: Berfungsi menampilkan/menyembunyikan formula
bar.
3. Gridlines:Berfungsi menampilkan/menyembunyikan garis bantu
c. Group Zoom
1. Zoom:Berfungsi mempebesar tampilan.
2. 100 %: Berfungsi untuk mengembalikan tampilan pada ukuran
100%.
3. Zoom to Selection: Berfungsi melakukan zoom pada sel yang
terpilih.
d. Group Window
1. New Window: Berfungsi menampilkan lembar kerja pada jendela
lainnya.
2. Arrange All: Berfungsi menampilkan semua lembar kerja pada
satu jendela
3. Freeze Panes: Berfungsi membatasi cell yang diijinkan untuk
bergulung.
4. Split; Berfungsi memecah tampilan jendela lembar kerja menjadi
beberapa bagian yang dapat diatur besarnya.
5. Hide : Berfungsi menyembunyikan jendela lembar kerja.
6. Unhide :Berfungsi menampilkan kembali jendela lembar kerja.
7. View Side by Side; Berfungsi menampilkan 2 lembar kerja secara
berdampingan.
8. Synchronous Scrolling: Berfungsi menyelaraskan penggulungan
dua dokumen sehingga tergulung bersama-sama.
9. Reset Window Position: Berfungsi mereset posisi jendela
dokumen yang tampil secara side by side, sehingga keduannya
tampil dengan tampilan yang sama pada layar.
10. Save Workspace: Berfungsi menyimpan semua susunan
jendela saat ini sebagai sebuah workspace untuk ditampilkan
kembali dikemudian waktu.
11. Switch Window : Berfungsi untuk berpindah ke jendela excel
lainnya yang sedang terbuka
e. Group Macros
1. Macros: Berfungsi merekam atau mengatur video.Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN (Wide Area Network)
untuk mengolah angka/data secara otomatis, yang meliputi perhitungan
dasar matematika, penggunaan fingsi-fungsi tertentu, pengolahan data,
pembuatan grafik dan manajemen data. Selain itu Microsoft Excel juga
dapat digunakan untuk berbagai urusan, dimulai dari yang sederhana,
hingga urusan yang kompleks.
MENU DAN FUNGSI MENU PADA MICROSOFT EXCEL 2010
HOME
Home merupakan menu standar. Didalammya terdapat sub menu group
yang, letaknya berada di deretan menu. Yang terdiri dari :
a. Group Clipboard
1. Paste : merupakan menu icon yang digunakan untuk
menempelkan objek atau teks yang telah di-cut atau di-copy.
2. Cut : digunakan untuk memindahkan data atau objek terpilih ke
daerah lain dengan bantuan perintah Paste.
3. Copy : digunakan untuk menyalin data tertentu yang diakhiri
dengan perintah Paste.
4. Format Painter : Perintah berkarakter “kuas cat” ini digunakan
untuk meniru suatu pemformatan kemudian menerapkannya ke
dalam data terpilih lain.
b. Group Font
1. Font : digunakan untuk mengubah jenis huruf dari data yang
terseleksi.
2. Font Font Size : Icon perintah ini digunakan untuk mengatur
ukuran huruf atau karakter dari data terpilih.
3. Increase Font : Perintah ini digunakan untuk memperbesar ukuran
huruf secara bertahap.
4. Decrease Font : digunakan untuk memperkecil ukuran huruf
secara bertahap.
5. Bold : untuk menebalkan huruf atau karakter.
6. Italic : Digunakan untuk memiringkan data terpilih.
7. Underline : untuk memberi tanda garis bawah pada setiap data
terpilih`
8. Border : untuk mengatur garis tepi dari sel terpilih.
9. Fill Color : mengatur warna shading data dalam sel terpilih.
10. Font Color : Digunakan untuk mengatur warna huruf.
c. Group Alignment
1. Top Align : Digunakan untuk menjadikan data sel menepi ke
bagian atas sel.
2. Middle Align : menjadikan teks berada di tengah-atas sel.
3. Bottom Align :menjadikan teks menepi ke bagian bawah sel.
4. Orientations : mengatur arah dan posisi data dalam sel.
5. Align Text Left : menjadikan teks rata kiri.
6. Center : Digunakan untuk menjadikan teks rata tengah.
7. Align Text Right : menjadikan teks rata kanan.
8. Decrease Indent : menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.
9. Increase Indent : menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.
10. Wrap Text : untuk mengatur distribusi teks.
11. Merge & Center : menggabung beberapa sel terpilih dan
meletakkan teks di dalamnya di bagian tengah sel.
d. Group Number
1. Number Format : mengatur format tertentu pada data jenis
numerik yang terdapat dalam sel.
2. Accounting : mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi
mata uang.
3. Percent Style : memformat suatu data numerik dengan gaya
persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada
sel yang telah diformat.
4. Comma Style : menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
5. Increase Decimal : menambah jumlah digit setelah koma dalam
bilangan angka desimal.
6. Decrease Decimal : mengurangi jumlah digit setelah koma dalam
angka desimal.
e. Group Styles
1. Conditional Formatting : memformat sel sebagai diagram dari data
yang terdapa di dalam sel tersebut.
2. Format as Table : memformat sel sebagai tabel dengan segala
tema dan warna yang spektakuler.
3. Cell Styles : memformat suatu sel sesuai dengan kondisi dan
klasifikasinya.
f. Group Cells
1. Insert : menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel
yang sudah terisi data.
2. Detele : menghapus baris sel maupun kolom aktif..
3. Format : untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang
sedang terpilih.
g. Group Editing
1. AutoSum : untuk menjumlahkan data dalam satu range sel yang
telah di tentukan.
2. Fill : untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi
data suatu sel atau range.
3. Clear : untuk menghapus suatu data dalam sel atau range yang
dipilih, seperti isi,format, dan komentarsel.
4. Sort and Filter : Icon ini digunakan untuk mengurutkan data dari
yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.
5. Find and Select : untuk mencari dan mengganti data secara
otomatis.
INSERT
a. Group Tables
1. Table : untuk menyisipkan tabulasi dari data terpilih sehingga data
tersebut menjadi lebih mudah untuk di sortir atau di saring dengan
menggunakan kriteria tertentu.
2. Pivot table : Digunakan untuk menyisipkan lembar karja baru yang
berisi ringkasan dari kolom dan baris dari lembar kerja aktif.
b. Groups Illustrations
1. PICTURE : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar ke dalam
lembar kerja aktif.
2. CLIP ART: Digunakan untuk menyisipkan gambar sederhana yang
lebih mirip dengan gambar vektor yang digunakan sebagai ilustrasi
ke dalam suatu lembar kerja.
3. SHAPES : Menyisipkan objek geometris, seperti segi tiga, segi
empat, dan lain-lain, ke dalam lembar kerja yang sedang
diaktifkan.
4. SMART ART: Digunakan untuk menyisipkan objek dengan sistem
yang lebih mengarah pada sistem hierarkis, dimana bentuk yang
tersedia di menu ini kebanyakan sudah memiliki bentuk dan telah
memiliki bagian di bawahnya atau di sebelahnya.
5. SCREEN SHOT : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar
dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu di layar monitor.
c. Group Charts
1. COLOMN : Digunakan untuk memasukkan grafik kolom.
2. LINE : Digunakan untuk memasukkan grafik garis.
3. PIE : Digunakan untuk memasukkan grafik lingkaran.
4. BAR : Digunakan unruk memasukkan grafik batang
5. AREA : Digunakan untuk memasukkan grafik area.
6. SCATTER : Digunakan untuk memasukkan grafik distribusi
7. OTHER CHAT : untuk memasukkan grafik lainnya.
d. Group Sparklines
1. INSERT LINE SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan grafik
garis pada satu sel..
2. INSERT COLOMN SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan
kolom pada satu sel.
3. INSERT WIN/LOSS SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan
daftar kerugian/keuntungan pada satu sel.
e. Group Filter
1. SLICER : Digunakan untuk memudahkan dalam penyaringan data
dalam pivot table.
f. Group Links
1. HIPERLINK : untuk Mengarahkan ke alamat tujuan.
g. Group Text
1. TEXT BOX : untuk Memasukkan / menambahkan kotak teks.
2. HEADER & FOOTER : untuk Memasukkan / menambahkan
kepala halaman dan kaki halaman.
3. WORDART : untuk menambahkan / menyisipkan tulisan indah
pada dokumen.
4. SIGNATURE LINE : Digunakan untuk Memberi tanda tangan pada
dokumen.
5. OBJECT : untuk Memasukkan / manambahkan file lain.
h. Group Symbols
1. EQUATION : untuk Menyisipkan rumus matematika otomatis.
2. SYMBOL : Digunakan untuk Menyisipkan Simbol – simbol pada
dokumen seperti simbol Phi, Beta dsb.
PAGE LAYOUT
a. Group Themes
1. THEMES : Digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi
warna halaman berikut warna hurufnya.
Mengubah tampilan agar lebih terlihat bagus
2. COLORS : untuk mengatur warna tema halaman.
3. FONT : Digunakan untuk merubah font tampilan.
4. EFFECTS : Digunakan untuk merubah/memberi effects tampilan.
b. Group Page Setup
1. MARGINS : memberi lebar batas kertas.
Untuk dapat memberi atau mengubah lembar batas kertas,
2. ORIENTATION : berfungsi untuk mengubah posisi kertas, portrait
(berdiri) ataupun landscape(tidur).
3. SIZE : berfungsi untuk merubah ukuran kertas
4. PRINT AREA : berfungsi untuk menentukan luas area yang akan
diprint dalam satu halaman
5. BREAKS : berfungsi untuk memutuskan halaman/mengosongkan
halaman bawah, sehingga berada pada halaman berikutnya.
6. BACKGROUND : berfungsi untuk memberi background pada
lembar kerja juga dapat memberikan foto.
7. PRINT TITLES : berfungsi untuk menentukan baris yang diprint
berulang-ulang.
c. Group Scale To Fit
1. WIDTH : berfungsi untuk menentukan skala lembar kerja pada
hasil printout (berdasarkan lebarnya)
2. HEIGHT : berfungsi untuk menentukan skala lembar kerja pada
hasil printout (berdasarkan tingginya)
3. SCALE : berfungsi untuk menetukan skala lembar kerja pada hasil
printout.
d. Group Sheet Option
1. GRIDLINES : berfungsi untuk menentukan apakah garis pandu
pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.
2. HEADINGS : berfungsi untuk menentukan apakah kolom pada
lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.
e. Group Arrange
1. BRING FORWARD : berfungsi untuk meletakan obyek pada posisi
paling depan
2. SEND BACKWARD : berfungsi untuk meletakan obyek pada
posisi paling belakang
3. SELECTION PANE : berfungsi untuk menampilkan kotak dialog
selection pane.
4. ALIGN : berfungsi untuk menata align antar obyek
5. GROUP : berfungsi untuk menjadikan beberapa obyek menjadi
satu grou
6. ROTATE : berfungsi untuk memutar obyek.
FORMULAS
a. Group Function Library
1. INSERT FUNCTION : berfungsi untuk memasukkan formula
(rumus).
2. AUTO SUM : berfungsi untuk mengolah data yang berkaitan
dengan angka secara otomatis
3. RECENTLY USED : berfungsi untuk membuka kembali formula
yang baru digunakan.
4. FINANCIAL : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan
dengan keuangan.
5. LOGICAL : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan
dengan logika/analisa.
6. TEXT : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan
text.
7. DATE & TIME : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan
dengan tanggal dan waktu.
8. LOOKUP & REFERENCE : berisi kumpulan formula (rumus) yang
berkaitan dengan data dan referensi.
9. MATH & TRIG : berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan
dengan ilmu pasti dan trigonometri.
10. MORE FUNCTION : berisi kumpulan formula (rumus) lainnya.
b. Group Defined Names
1. NAME MANAGER : berfungsi untuk
mengatur/merubah/memperbaiki sebuah range atau cell.
2. DEFINE NAME : berfungsi untuk memperbaiki/merubah nama
sebuah cell atau range.
3. USE IN FORMULA : berfunsi untuk mengetahui nama sebuah celll
atau range yang digunakan dalam formula.
4. CREATE FROM SELECTION : berfungsi untuk membuat nama
sebuah cell atau range yang dipilih.
c. Group Formula Auditing
1. TRACE PRECEDENCE : berfungsi untuk menampilkan yang
berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell
yang berisi formula.
2. TRACE DEPENDENTS : berfungsi untuk menampilkan anak
panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan
sebuah cell yang berisi.
3. REMOVE ARROWS : berfungsi untuk menghilangkan efek anak
panah dari trace precendents dan trace dependents
4. ERROR CHECKING : berfungsi untuk mengecek formula yang
error.
5. EVALUATE FORMULA : berfungsi untuk mengevaluasi formula.
6. WATCH WINDOW : berfungsi untuk menampilkan jendela watch
window, yang digunakan untuk memonitor beberapa sel sekaligus,
meskipun sedang bekerja pada lembar kerja yang berbeda.
d. Group Calculation
1. CALCULATION OPTIONS : berfungsi untuk memilih formula yang
akan dikalkulasi atau dihitung.
2. CALCULATE NOW : berfungsi untuk menghitung atau
mengkalkulasi data pada woorkbook yang sedang dikerjakan.
3. CALCULATE SHEET : berfungsi untuk menghitung serangkaian
data pada sheet yang sedang dikerjakan.
DATA
a. Group Get External Data
1. FROM ACCES : Mengimport data (database) dari microsoft acces.
2. FROM WEB : Mengimport data (database) dari website.
3. FROM TEXT : Mengimpor data dari data (database) file teks.
4. FROM OTHER SOURCES : Mengimpor data (database) dari
sumber lain.
5. EXISTING CONNECTIONS : Menyambungkan data dari luar
microsoft excel yang sedang kita gunakan.
b. Group Connections
1. REFRESH ALL : Menyegarkan data (update) yang terhubung
dengan lembar kerja (workbook).
2. CONNECTIONS : Menampilkan kotak dialog atau data yang
sedang terhubung dengan lembar kerja.
3. PROPERTIES : Mengatur jenis data yang sedang terhubung
dengan lembar kerja (workbook).
4. EDIT LINKS : Menampilkan semua data yang terhubung dengan
workbook serta melakukan editan terhadap data dari sumber
tersebut.
c. Group Sort & Filter
1. SORT : Menampilkan kotak dialog sort, untuk mengurutkan data
sesuai dengan keiinginan pengguna.
2. FILTER : Mengaktifkan filter data berdasarkan pengaturan yang
telah di buat pada menu SORT atau sesuai kriteria
3. CLEAR : Mengaktifkan / menonaktifkan filter dan sort pada data.
4. REAPPLY : Mengaplikasikan kembali filter atau sort pada kolom
cell atau range.
5. ADVANCED : Mengatur sort atau filter secara lebih detail.
d. Group Data Tools
1. TEXT TO COLUMNS : Mengubah teks menjadi per kolom.
2. REMOVE DUPLICATES : Menghapus data dalam baris yang
ganda.
3. DATA VALIDATION : Mencegah data yang tidak valid yang
dimasukkan dalam data cell.
4. CONSOLIDATE : Menggabungkan lebih dari 1 data kedalam 1
cell.
5. WHAT IF-ANALYSIS : Menganalisis atau mencoba
e. Group Outline
1. GROUP : Menggabungkan beberapa garis menjadi satu grup.
2. UNGROUP : Membatalkan beberapa garis yang tidak diinginkan
menjadi satu grup.
3. SUBTOTAL : Melakukan penghitungan terhadap kategori item
yang termasuk dalam group.
REVIEW
Review adalah salah satu penyedia informasi. Didalamnya terdapat sub
menu group, yang letaknya berada dibawah deretan menu. Di dalam
menu Review terdapat beberapa Group sebagai berikut :
a. Group Proofing
1. SPELLING & GRAMMAR : Digunakan untuk mengecek ketepapan
ejaan teks.
2. RESEARCH : Digunakan untuk menampilakn kotak dialog
kamus/reverensi.
3. THESAURUS : Digunakan untuk menampilkan pilihan teks pada
saat ada kata yang terpilih.
b. Group Languange
1. TRANSLATE : Berfungsi untuk menerjemahkan teks terpilih ke
dalam satu bahasa berbeda.
c. Group Comments
1. NEW COMMENT : digunakan untuk membuat dan mengolah
komentar.
2. DELETE adalah untuk Menghapus Komen.
3. PREVIOUS adalah untuk melihat koment sebelumnya.
4. NEXT adalah untuk melihat komen selanjutnya.
5. SHOW/HIDE COMMENT adalah tayangkan atau
menyembunyikan komentar.
6. SHOW ALL COMENT adalah menampilkan semua komentar.
7. SHOW INK : Digunakan untuk menampilkan keterangan tinta pada
lembar kerja.
d. Group Changes
1. PROTECT SHEET : Digunakan untuk mengunci sheet
2. PROTECT WORKBOOK : Digunakan untuk mengunci lembar
kerja
3. SHARE WORKBOOK : Digunakan untuk berbagi lembar kerja
4. PROTECT AND SHARE WORKBOOK : Digunakan untuk
mengunci dan berbagi lembar kerja.
5. ALLOW USERS TO EDIT RANGES : Digunakan untuk menyetujui
pengguna untuk mengedit ranges.
6. TRACK CHANGES : Digunakan untuk menelusuri perubahan yang
dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama.
VIEW
VIEW merupakan menu yang memiliki fungsi penataan tampilan pada
lembar kerja. Menu ini tidak berpengaruh pada data yang ada.
Didalamnya terdapat sub menu group, yang letaknya berada dibawah
deretan menu. Tab menu View terdiri dari :
a. Group Woorkbook Views
1. Normal : menampilkan lembar kerja dalam bentuk normal.
2. Page Layout:Berfungsi menampilkan lembar kerja dalam bentuk
lembaran kertas.
3. Page Break Preview: Berfungsi untuk menampilkan lembar kerja
yang hanya berisi data saja.
4. Custom Views :Berfungsi untuk menampilkan lembar kerja sesuai
keperluan kita.
b. Group Shows
1. Ruler: Berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan
penggaris.
2. Formula Bar: Berfungsi menampilkan/menyembunyikan formula
bar.
3. Gridlines:Berfungsi menampilkan/menyembunyikan garis bantu
c. Group Zoom
1. Zoom:Berfungsi mempebesar tampilan.
2. 100 %: Berfungsi untuk mengembalikan tampilan pada ukuran
100%.
3. Zoom to Selection: Berfungsi melakukan zoom pada sel yang
terpilih.
d. Group Window
1. New Window: Berfungsi menampilkan lembar kerja pada jendela
lainnya.
2. Arrange All: Berfungsi menampilkan semua lembar kerja pada
satu jendela
3. Freeze Panes: Berfungsi membatasi cell yang diijinkan untuk
bergulung.
4. Split; Berfungsi memecah tampilan jendela lembar kerja menjadi
beberapa bagian yang dapat diatur besarnya.
5. Hide : Berfungsi menyembunyikan jendela lembar kerja.
6. Unhide :Berfungsi menampilkan kembali jendela lembar kerja.
7. View Side by Side; Berfungsi menampilkan 2 lembar kerja secara
berdampingan.
8. Synchronous Scrolling: Berfungsi menyelaraskan penggulungan
dua dokumen sehingga tergulung bersama-sama.
9. Reset Window Position: Berfungsi mereset posisi jendela
dokumen yang tampil secara side by side, sehingga keduannya
tampil dengan tampilan yang sama pada layar.
10. Save Workspace: Berfungsi menyimpan semua susunan
jendela saat ini sebagai sebuah workspace untuk ditampilkan
kembali dikemudian waktu.
11. Switch Window : Berfungsi untuk berpindah ke jendela excel
lainnya yang sedang terbuka
e. Group Macros
1. Macros: Berfungsi merekam atau mengatur video.Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN (Wide Area Network)
Komentar
Posting Komentar